BIDANG JURNALISTIK

IMG-20180416-WA00071. DESKRIPSI BIDANG

Bidang Jurnalistik merupakan salah satu bidang yang terdapat di HMPS PIPS FIS UM. Bidang Jurnalistik berperan dalam menyebarkan informasi melalui mading atau pengumuman dan mengekspos berbagai kegiatan yang ada di ruang lingkup Pendidikan IPS FIS UM.

Bidang jurnalistik terdapat program kerja salah satunya adalah S2LS. Dalam pelaksanaannya Bidang Jurnalistik bekerja sama dengan Bidang Penalaran sebagai upaya untuk meningkatkan budaya menulis dan literasi mahasiswa Pendidikan IPS. Kerjasama ini dilaksanakan melalui program kerja S2LS (Social Studies Learning Society).

 2. TUGAS BIDANG JURNALISTIK

Beberapa tugas yang harus dikerjakan oleh bidang Jurnalistik antara lain:

  1. Membuat mading sebagai papan informasi dari HMPS PIPS
  2. Mempersiapkan narasi kegiatan yang akan dipublikasikan di website HMPS PIPS
  3. Memaparkan pamflet kegaiatn dari ormawa lain untuk disebar luaskan kepada mahasiswa Pendidikan IPS
  4. Menampung karya tulis (puisi, pantun, kesan dan pesan) mahasiswa Pendidikan IPS

3. STRUKTUR BIDANG JURNALISTIK

Kepala Bidang            : Irza Devi Ditanilasari

Sekretaris Bidang      : Farida Dwi Rahmawati

Anggota Bidang         : Ilham Mito Nugroho

Anggota Bidang         : Ruslina

Anggota Bidang         : Febty Andini Dwi Rosita

Anggota Bidang         : Insan Islamita Basuki

4. PROGRAM KERJA BIDANG JURNALISTIK

Program kerja bidang jurnalistik dalam kepengurusan tahun 2018 sebagai berikut:

  1. Social Studies Conference (SSC)

Social Studies Conference (SSC) merupakan kegiatan HMPS PIPS FIS UM dalam rangka menyosialisasikan program kerja selama jangka waktu satu periode kedepan. Selain itu, dalam kegiatan Social Studies Conference (SSC) ini juga melakukan sidang AD/ART HMPS PIPS yang mana program ini telah memberikan fasilitas kepada mahasiswa IPS untuk turut andil memberikan masukan berupa kritik dan saran kepada HMPS PIPS kedepannya. Tema dalam program kerja kali ini adalah “Optimalisasi Peran dan Fungsi Himpunan di Lingkungan PIPS”. Adapun kegiatan ini telah dilaksanakan dengan sukses pada tanggal 24 Februari 2018 bertempat di Gedung I1. 506 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Harapan setelah adanya kegiatan Social Studies Conference (SSC) ini yaitu dapat memberikan semangat kepada mahasiswa Pendidikan IPS untuk lebih aktif lagi pada proker HMPS PIPS selanjutnya.

  1. Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTI)

Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTI) merupakan kegiatan HMPS PIPS FIS UM dalam rangka lomba kreativitas mahasiswa untuk menarik minat generasi muda dalam penulisan karya tulis guna meningkatkan kualitas generasi muda. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan beberapa tahap yaitu tahap publikasi, pengumpulan abstrak, seleksi abstrak, pengumuman peserta yang lolos seleksi abstrak, pengumpulan full paper, seleksi full paper, pengumuman finalis full paper sampai dengan babak final, dimana dari 10 peserta yang lolos seleksi nantinya akan diambil 5 besar, yang akan mengikuti babak final sehingga diperoleh juara 1, 2, 3, Harapan 1, dan Harapan 2.

  1. Forum Komunikasi Internal Pendidikan IPS (FORMATIPS)

Forum Komunikasi Internal Pendidikan IPS (FORMATIPS) merupakan kegiatan HMPS PIPS FIS UM dalam rangka menyampaikan laporan program kerja selama satu periode yang telah dilaksanakan. Selain itu, dalam kegiatan Forum Komunikasi Internal Pendidikan IPS (FORMATIPS), memberikan pamaparan kepada mahasiswa IPS berupa hasil kegiatan program kerja HMPS PIPS selama satu periode. Adapun kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 17 November 2018 bertempat di Gedung I1. 506 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Harapan setelah adanya kegiatan Forum Komunikasi Internal Pendidikan IPS (FORMATIPS)  ini mahasiswa IPS dapat mengetahui berjalannya semua proker dari HMPS PIPS 2018 dan memberikan usulan untuk proker HMPS PIPS  pada periode selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *