Social Science Competition (SSC) Tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur dan Bali 2019

Social Science Competition (SSC) Tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur dan Bali 2019

Indonesia bercita-cita melahirkan generasi yang cemerlang dan mampu bersaing secara global. Jalan menuju cita-cita tersebut mulai diterapkan pada masa kini dengan menerapkan pendidikan karakter kepada generasi muda. Melalui pendidikan karakter ini, Indonesia berharap akan mencetak generasi unggul. Generasi unggul merupakan generasi yang diharapkan oleh bangsa untuk menjadi perintis perubahan dalam membentuk kehidupan dan peradaban bangsa yang lebih baik. Generasi unggul juga diharapkan memiliki kecerdasan yang luas dan lengkap secara produktif, inovatif, berinteraksi sosial yang baik, serta berperadaban yang unggul.

Pendidikan karakter yang mulai dirintis juga merupakan sebuah jawaban atas perubahan masa depan serta memberi bekal keterampilan yang dibutuhkan pada masa mendatang. Pendidikan karakter ini diharapkan dapat merubah karakter generasi muda yang sesuai dengan Pancasila.
Kemajuan ilmu dan teknologi juga mempengaruhi perkembangan karakter generasi muda. Kemajuan teknologi memberikan manfaat bagi generasi muda untuk selalu berkembang dan berkarya dalam memajukan bangsa. Kemajuan ini juga merupakan tantangan bagi generasi muda agar mampu bersaing dengan baik untuk menghasilkan generasi yang unggul dan berkarakter. Keadaan ini juga harus diimbangi dengan pendidikan moral, menumbuhkan rasa nasionalisme, dan merubah masa depan menjadi lebih gemilang serta sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa.

Generasi muda yang berkarakter ini diharapkan mampu bersaing dalam kemajuan ilmu dan teknologi untuk menjadikan generasi yang berkualitas bagi bangsa dan negara. Oleh sebab itu, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS (HMPS PIPS) mengadakan Social Science Competition (SSC) tingkat Provinsi Jawa Timur dan Bali dengan mengambil tema “Membentuk Generasi Unggul dan Berkarakter dalam Menghadapi Tantangan Global Abad 21 Melalui Social Science Competition (SSC)” dengan harapan generasi muda dapat bersaing secara sehat dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju serta menumbuhkan rasa kerja keras, dan terus berusaha menjadi yang lebih baik. Kegiatan Social Science Competition (SSC) ini diperuntukkan bagi siswa-siswi jenjang SMP/MTs. Melalui tema “Membentuk Generasi Unggul dan Berkarakter dalam Menghadapi Tantangan Global Abad 21 Melalui Social Science Competition (SSC)” diharapkan siswa-siswi yang mempelajari IPS dapat memberikan bukti nyata kepada Indonesia bahwa IPS bermanfaat bagi kehidupan bangsa dan negara.

Hasil Social Science Competition (SSC) nanti diharapkan pula memberikan semangat kepada peserta didik untuk terus berkompetisi dalam persaingan global dan sebagai modal awal untuk menyongsong Indonesia yang lebih baik.

Syarat:

  1. Peserta Social Science Competition adalah tim perwakilan dari masing-masing SMP/MTs se-Jawa Timur dan Bali yang masih aktif (Kelas VII, VIII, dan IX)
  2. Setiap 1 Tim terdiri dari 2 peserta (putra, putri, atau gabungan).
  3. 3.Setiap sekolah diperbolehkan mendaftar lebih dari 1 (satu) tim.

Setelah transfer harap konfirmasi via Whatsapp dengan format:


SSC2019_Asal Sekolah_Kabupaten/Kota_NamaPengirim_Jumlah Tim
Kirim ke +62 882-3572-5046 (insan islamita)

Kisi-kisi dikirim oleh panitia melalui email resmi (sschmpspips2019@gmail.com) setelah pihak sekolah telah melaksanakan poin (a)

*Apabila kuota peserta telah terpenuhi, maka pendaftaran dapat ditutup sewaktu-waktu

Petunjuk Pendaftaran SSC 2019 :

  1. Pendaftaran online dibuka pada tanggal 10 Juni sampai 1 September 2019 dapat diakses melalui http://bit.ly/sschmpspips2019
  2. Pembayaran konstribusi peserta sebesar Rp. 200.000/tim dapat dilakukan dengan cara, yaitu:
    Online Transfer via Bank BRI, No. Rek 4804-01-025312-53-3
    a.n. Hariana Restu Fadillah
    Konfirmasi Pendaftaran dengan menunjukkan bukti transfer ke +62 882-3572-5046 (Insan Islamita)
  3. Setelah transfer harap konfirmasi via Whatsapp dengan format:
    SSC2019_Asal Sekolah_Kabupaten/Kota_NamaPengirim_Jumlah Tim
    Kirim ke +62 882-3572-5046 (Insan Islamita)
  4. Kisi-kisi dikirim oleh panitia melalui email resmi (sschmpspips2019@gmail.com) setelah pihak sekolah telah melaksanakan poin (a)

*Apabila kuota peserta telah terpenuhi, maka pendaftaran dapat ditutup sewaktu-waktu

Babak penyisihan dilaksanakan di SMA per rayon yang telah ditentukan

  • Rayon 1 : Malang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Probolinggo, Pasuruan, Lumajang. Lokasi : Gedung I1 Fakultas Ilmu Sosial UM. Alamat : Jl. Semarang No 5, Sumbersari, Lowokwaru, Kota Malang.
  • Rayon 2 : Kediri meliputi Kediri, Blitar, Tulungagung, Jombang, Nganjuk. Lokasi : SMAN 2 Pare. Alamat : Jl. Pahlawan Kusuma Bangsa No. 28, Kec. Pare, Kediri.
  • Rayon 3 : Jember meliputi Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso. Lokas : SMKN 5 Jember. Alamat : Jl. Brawijaya No. 55, Sukorambi, Kabupaten Jember.
  • Rayon 4 : Ponorogo meliputi Ponorogo, Trenggalek, Pacitan, Madiun, Ngawi, Magetan. Lokasi : SMAN 3 Ponorogo. Alamat : Jl. Laks. Yos Sudarso Gg III Kec. Ponorogo.
  • Rayon 5 : Lamongan meliputi Lamongan, Bojonegoro, Tuban. Lokasi : SMK NU Lamongan. Alamat : Jl. Veteran No. 55A, Jetis, Kec. Lamongan.
  • Rayon 6 : Surabaya meliputi Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Gresik. Lokasi : SMA Trimurti Surabaya. Alamat : Jl. Gubernur Suryo No.3, Kec. Genteng Kota Surabaya.
  • Rayon 7 : Madura meliputi Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Sumenep. Lokasi : SMKN 1 Sampang. Alamat : Jl. Suhada No. 11 Kec. Sampang, Kab. Sampang.
  • Rayon 8 : Bali meliputi Denpasar, Badung, Gianyar Klungkung, Buleleng, Tabanan, Bangli, Karangasem. Lokasi : SMA Muhammadiyah 1 Denpasar. Alamat : Jl. Pulau Batanta No. 80, Dauh Puri, Kota Denpasar.
  • *Cakupan rayon tersebut hanya saran dari panitia
  • *Kota yang bercetak tebal merupakan pusat dari setiap rayon
  1. Pelaksanaan babak Semifinal dan final dilaksanakan pada tanggal 21 September 2019 di Gedung I1 FIS Universitas Negeri Malang.
  2. Social Science Competition (SSC) ini memperebutkan Juara 1,2,3 dan Harapan 1,2 dengan hadiah:

• Juara 1 (pemenang pertama), mendapatkan:
 Piala bergilir
 Piala juara 1
 Uang pembinaan Rp 1.500.000,-
 Sertifikat
 Medali
 Piagam peghargaan bagi sekolah sebagai juara 1
• Juara 2 (pemenang kedua), mendapatkan:
 Piala juara 2
 Uang pembinaan Rp 1.250.000,-
 Sertifikat
 Medali
• Juara 3 (pemenang ketiga), mendapatkan:
 Piala juara 3
 Uang pembinaan Rp 1.000.000,-
 Sertifikat
 Medali
• Juara Harapan 1 (pemenang keempat), mendapatkan:
 Piala harapan 1
 Uang pembinaan Rp 750.000,-
 Sertifikat
 Medali
• Juara Harapan 2 (pemenang kelima), mendapatkan:
 Piala harapan 2
 Uang pembinaan Rp 500.000,-
 Sertifikat
 Medali
• Seluruh peserta dan guru pendamping mendapatkan sertifikat

  1. 45 tim yang terbaik yang dilihat berdasarkan nilai tertinggi dibabak penyisihan rayon, akan melaju ke babak Semifinal yang akan dilaksanakan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang pada hari Sabtu, 21 September 2019
  2. Pengumuman bagi yang lolos ke tahap Semi Final pada 13 September 2019 pukul 00.00 WIB. Bisa dilihat di Web HMPS PIPS (hmpips.fis.um.ac.id), Email sekolah, CP pendamping, Instagram @hmpspips_um, dan Facebook HMP IPS.

Untuk undangan partisipan Social Science Competition (SSC) tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur dan Bali 2019 dapat diakses di link berikut

https://drive.google.com/open?id=1YIiFf5HsbfF7pkFQUhNeOuUOFfVZXVCb

Petunjuk Pelaksanaan Social Science Competition (SSC) tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur dan Bali 2019 dapat diakses di link berikut

https://drive.google.com/open?id=1IQCF0Lxzl_2ofg4uOOS4Lc1AkKWBFZE7

Formulir Pendaftaran Online Social Science Competition (SSC) tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur dan Bali 2019 dapat diakses di link berikut

http://bit.ly/sschmpspips2019