SOCIAL STUDIES CONFERENCE 2019

SOCIAL STUDIES CONFERENCE 2019

IMG_2443  IMG_2049      wd

Sebagai wadah aspirasi yang menampung segala ide seluruh mahasiswa program studi Pendidikan IPS, HMPS PIPS untuk kali ini juga megadakan kegiatan rutinan setiap tahunnya yaitu Social Studies Conference 2019. Kegiatan social studies conference adalah program kerja HMPS PIPS pertama yang menjadi awal dari segala rangkaian program kerja HMPS PIPS. Kegiatan Social Studies Conference 2019 (atau disingkat SSC 2019) ini adalah kegiatan pembacaan dan penetapan AD/ART HMPS PIPS serta dilanjutkan dengan mensosialisasikan program kerja HMPS PIPS selama periode satu tahun kedepan. Seperti yang diketahui, penetapan AD/ART dalam sebuah organisasi sangatlah penting agar dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan kegiatan maupun program kerja HMPS PIPS kedepannya.

Tema dari SSC 2019 kali ini adalah “Optimalisasi Program Kerja Himpunan serta Menumbuhkembangkan Kreativitas Mahasiswa Pendidikan IPS”. Pengambilan tema ini didasarkan pada beberapa program kerja HMPS PIPS yang menitik beratkan kepada kretivitas mahasiswa. Salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan sifat kreativitas mahasiswa antara lain adalah Komunitas PKM serta LKTI dan Seminar Nasional.

Selain untuk menetapkan AD/ART HMPS PIPS dan mensosialisasikan program kerja HMPS PIPS selama masa satu tahun kedepan, kegiatan SSC 2019 ini juga memiliki beberapa tujuan antara lain yaitu sebagai berikut.

  1. Mempererat silaturahmi dan sosialisasi program kerja HMPS PIPS
  2. Menciptakan perubahan yang lebih baik didalam organisasi
  3. Meningkatkan semangat akademik bagi mahasiswa P.IPS untuk mejadikan individual yang amanah
  4. Membahas dan menetapkan AD/ART Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS FIS UM

Acara SSC 2019 diikuti sebanyak 39 orang. Dimana rincian dari 39 orang tersebut adalah seluruh anggota HMPS PIPS 2019, bapak ibu dosen serta para tamu undangan serta delegasi masing-masing offering mulai dari angkatan 2016 hingga 2018. Semua peserta kegiatan ini sangat antusias. Hal ini dapat dirasakan dari adanya feedback antara presidium dengan para peserta sidang. Antusias mahasiswa pendidikan IPS lebih terasa saat pembacan program kerja oleh masing-masing bidang dalam HMPS PIPS mulai disosialisasikan. Masing-masing peserta menunjukkan minat yang cukup besar untuk dapat mengikuti masing-masing program kerja HMPS PIPS kedepannya. Dengan disosialisasikan program kerja HMPS PIPS maka berakhirlah acara SSC 2019 yang berjalan dengan lancar.

Sebagai pihak penyelenggara, HMPS IPS sangat bangga dengan antusias masing-masing peserta SSC 2019 ini. Karena dari kegiatan ini mahasiswa dapat lebih aktif dalam kegiatan-kegitan yang diselengnggarakan oleh HMPS PIPS. Semoga dari kegiatan Social Studies Conference 2019 ini dapat dijadikan acuan sebagai wadah penampung aspirasi mahasiswa pendidikan IPS dan dapat memberikan dampak positif serta manfaat bagi pihak-pihak yang bersangkutan.

sosi  peserta  presensi