Character Building

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS kembali mengadakan kegiatan rutin Latihan Kepemimpinan yang pada dikemas dengan nama Character Building ini bertemakan “Mengembangkan Jiwa Kepemimpinan Mahasiwa Pendidikan IPS yang Berwawasan Global, Berprestasi dan Berbudaya untuk Membangun Bangsa” kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan pada mahasiwa pendidikan IPS FIS UM serta serta membentuk mahasiswa sebagai pemimpin yang berkualitas, siap dan berkomitmen dalam menjalankan amanah.  Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9-11 November 2018 bertempatan di Aula HOS Cokroaminoto gedung I1 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang dan di Dusun Sahabat Alam desa Lasah, Karangploso kabupaten malang. Kegiatan Character Building ini diikuti oleh 98 Mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa semester I dan semester III. Kegiatan Character Building ini difasilitatori oleh dosen-dosen yang memiliki pengalaman dibidang kemahasiswaan. Tidak hanya penyampaian dengan metode ceramah saja, kegiatan ini juga dikemas secara menarik dengan menggunakan berbagai diskusi dan simulasi permaian yang sesuai dengan topik yang diberikan oleh masing-masing fasilitator.

Pada hari pertama, 9 November 2018. Dihadirkan beberapa pemateri untuk mengisi materi yang disampaikan kepada peserta Character Building diantaranya adalah ABD. Mui’d Aris Shofa, S.Pd. yang menjelaskan materi tentang Kepemipinan yang Ideal, beliau merupakan dosen HKN FIS UM yang sangat berpengalaman dalam memimpin selain itu ada juga Idris, S.S., M.M. yang membawakan materi tentang Analisis SWOT dalam Organisasi.

Pada hari kedua, 10 November 2018, dihadirkan pula beberapa pemateri yang juga ahli dalam bidangnya, diantaranya adalah Agung Wiradimadja, S.Pd., M.Pd.. yang memberikan materi tentang “Intoducing Social Studies” selanjutnya materi kedua disampaikan oleh I Dewa Putu Eskasasnanda S.Ant., M.A. beliau membawakan materi tentang Kehidupan Kampus yang dikemas dengan metode diskusi perkelompok, selanjutnya materi ketiga yaitu Kurikulum yang ada di Pendidikan IPS FIS UM yang dibawakan oleh Neni Wahyuningtyas S.Pd., M.Pd.. materi keempat yang dibawakan oleh Dwi Astutik, S.AP., beliau membawakan materi tentang Administrasi Akademik, dan materi yang terakhir dibawakan oleh Dr. I Nyoman Ruja, S.U., beliau menyampaikan materi tentang kemahasiswaan yang dikemas secara menarik melalui diskusi kelompok dan diskusi santai. Kegiatan selanjutnya yaitu apel penyulutan api unggun sebagai kegiatan penghormatan kepada para pahlawan yang di pimpin oleh Dr. I Nyoman Ruja, S.U., beliau juga memberikan sambutan tentang hari pahlawan. Kegiatan selanjutnya yaitu Pentas Seni yang ditampilkan oleh Mahasiswa Pendidikan IPS secara antusias.

Pada hari ketiga, 11 November 2018 kegiatan diisi dengan senam bersama dan kegiatan Outbound . dalam kegiatan Outbound terdapat berbagai macam kegiatan games yang bertujuan untuk melatih kekompakan antara satu dengan yang lain, melatih rasa percaya antar kelompok, serta melatih jiwa kepemimpinan pada mahasiswa. Kegiatan outbound ini diikuti dengan sangat antusias oleh peserta character buiding. Kegiatan ini ditutup dengan pengumuman kelompok terbaik, terkompak dan terheboh.

Kegiatan Character Buiding ini diikuti peserta dan seluruh undangan dengan sangat antusias. Kami ucapkan banyak terimakasih kepada segenap pemateri dan para dosen yang telah membimbing kami dalam kegiatan ini. Terimaksih juga disampaikan kapada segenap mahassiwa pendidikan IPS yang telah berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan ini dan juga seluruh rekan panitia yang telah berkerja keras dan bertanggung jawab mulai dari persiapan hingga pelaksanaan kegiatan Character Buiding ini. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh mahasiwa pendidikan IPS serta seluruh masyarakat.