SOCIAL STUDIES FOR HUMANITY

humanity   Social Studies for Humanity merupakan program kerja yang pada dasarnya bertujuan untuk mewadahi keinginan dan kemampuan mahasiswa Pendidikan IPS yang mengarah kepada pengabdian masyarakat, serta meningkatkan rasa empati mahasiswa Pendidikan IPS terhadap fenomena-fenomena sosial yang ada ada dalam masyarakat. Program Kerja ini sasarannya adalah mahasiswa Pendidika  IPS dan masyarakat terkait. Social Studies for Humanity 2018 ini merupakan program kerja yang bisa dibilang baru karena terlaksana mulai tahun 2017. Social Studies for Humanity 2018 kali ini dilaksanakan di Rumah Belajar Tunas Bangsa yang beralamat di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Kami memilih Rumah Belajar Tunas Banga karena kami rasa cocok dalam menyalurkan ilmu dalam bidang pendidikan dan sasaran yang tepat sesuai dengan tujuan yang ingin kami capai. Selain itu, berbicara mengenai pentingnya pendidikan, zaman sekarang ini pendidikan sangat mendukung dalam membentuk masa depan. Namun, masih banyak orang yang kurang peduli akan pentingnya pendidikan tersebut, mengaggap remeh. Perkembangan zaman mengubah pola pemikiran banyak orang di dunia. Ketidakpedulian itu berdampak negatif. Orangtua yang seharusnya menjadi awal pembentukan karakter anak kurang memperhatikan pendidikan bagi anak mereka karena kesibukan masing-masing. Sekolah pun hanya terfokus pada hasil akhir anak didiknya, yaitu mengejar nilai tinggi saja, Alhasil, jika tidak memperoleh nilai tinggi siswa/anak akan merasa gagal dan tidak percaya lagi pada kemampuannya. Sebagai bentuk rasa kepedulian kami sebagai mahasiswa terhadap pendidikan di kalangan anak-anak saat ini, yang mana tidak semua anak-anak di lingkungan rumah belum mendapat bimbingan belajar secara baik dan sesuai dengan yang mereka inginkan baik dari bimbingan orangtua maupun guru dalam pembelajaran di luar lingkungan sekolah. Selain itu banyak pihak yang kurang menyadari pentingnya bimbingan belajar bagi mereka. Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami berencana untuk mengadakan sebuah kegiatan bimbingan kepada anak-anak.

Bentuk rasa kepedulian kami terhadap pendidikan di kalangan anak-anak dan sekitarnya kami akan mewujudkannya dengan kegiatan Social Studies for Humanity dengan tema One Spirit All for Changes untuk anak-anak bersama mahasiswa IPS. Kegiatan Social Studies for Humanity ini memberikan bimbingan belajar tidak berupa pendidikan yang bersifat umum saja, melainkan juga memberikan pembekalan mengenai kreativitas dan nilai-nilai religi pada anak-anak.

Social Studies for Humanity dimulai pada bulan September dan berakhir pada bulan Desember. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Selasa (satu minggu satu kali peretemuan) . Volunteer kegiatan Social Studies for Humanity merupakan seluruh anggota Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan delegasi setiap Offering dari mahasiswa angkatan 2016-2018 Prodi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial. Kegiatan ini disambut sangat antusias oleh warga sekitar terutama Anak-anak karena mereka mendapatkan bimbingan belajar dengan suasana yang menyenangkan . Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak TK sampai anak-anak SMP.  Kegiatan ini diharapkan mampu untuk memberikan hal positif dan meningkatkan rasa kepedulian kami terhadap sesama manusia.