OLIMPIADE IPS 2018 SEBAGAI WADAH UNTUK MENCETAK GENERASI UNGGUL DAN BUDI PEKERTI MENUJU INDONESIA EMAS

WhatsApp Image 2018-10-28 at 09.26.22Olimpiade IPS 2018 tingkat SMP/MTs Se-Jawa Timur dan Bali dengan tema “Mencetak Generasi Unggul dan Budi Pekerti Menuju Indonesia Emas melalui Olimpiade IPS” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS (HMPS PIPS) Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang telah selesai dilaksanakan dengan baik dan lancar. Kegiatan Olimpiade IPS 2018 ini dilaksanakan mulai dari tanggal 18 Juni –  7 September 2018 (pembukaan Pendaftaran Online), tanggal 16 September 2018 (pelaksanaan Babak Penyisihan masing-masing di setiap Rayon yang telah ditentukan secara serentak), tanggal 19 September 2018 (pengumuman hasil dari Babak Penyisihan untuk lanjut ke tahap Babak Semifinal), dan tanggal 23 September 2018 (pelaksanaan Babak Semifinal dan Final yang dilaksanakan pada hari itu juga).

Pelaksanaan Olimpiade IPS 2018 ini memiliki tujuan penting yaitu generasi muda yang berkarakter ini diharapkan dapat menjadikan generasi yang berkualitas dan berkarakter bagi bangsa dan negara. Olimpiade IPS sendiri merupakan lapangan pacuan untuk siswa/i SMP/MTs untuk mengasah potensi diri masing-masing dan meningkatkan kemampuan intelektual pada mata pelajaran IPS. Harapan yang ingin dicapai generasi muda dapat bersaing secara sehat dalam meraih masa depan yang gemilang, menumbuhkan rasa kerja keras, dan terus berusaha menjadi yang lebih baik.

Pelaksanaan Olimpiade IPS 2018 tingkat SMP/MTs ini terdiri dari lima tahap. Tahap pertama yaitu pendaftaran online, tahap ini memiliki target pendaftar sebanyak 300 tim yang masing-masing 1 tim terdiri dari 2 peserta siswa/i dengan biaya pendaftaran sejumlah Rp. 200.000,-/tim. Selanjutnya, tahap kedua yaitu Babak Penyisihan yang dilaksanakan disetiap rayon akan diambil 47 tim untuk melanjutkan ke Babak Semifinal dan final. Tempat berlangsungnya Babak penyisihan ini berada di setiap rayon yang telah ditentukan yaitu Rayon Malang (Pusat Rayon), Rayon Lamongan, Rayon Kediri, Rayon Jember, Rayon Madiun, Rayon Madura, dan Rayon Bali. Kemudian dilanjutkan ke tahap Semi Final dan Final yang mana dari 47 tim tadi akan diseleksi kembali menjadi 5 tim untuk melanjutkan ke Babak Final. Bagi 5 tim yang lolos berhak maju ke Final memperebutkan Juara 1, Juara 2, Juara 3, Harapan 1, dan Harapan 2. Pelaksanaan  Babak Semifinal dan Final diselenggarakan di Rayon Malang Jl. Semarang No. 5 Gedung I1 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

Pelaksanaan Semifinal dan Final Olimpiade 2018 Se-Jawa Timur dan Bali dihadiri oleh 2 Juri, yaitu Agus Purnomo, S.Pd, M.Pd (Juri 1) dan Nurul Ratnawati, S.Pd, M.Pd (Juri 2). Selain itu Final Olimpiade IPS 2018 Se-Jawa Timur dan Bali ini juga dihadiri Dosen Pendidikan IPS FIS UM dan guru pembimbing dari berbagai daerah di Jawa Timur dan Bali. Dari 5 tim yang sudah lolos seleksi dari tahap awal sampai akhir berhak memperebutkan Juara 1, Juara 2, Juara 3, Harapan 1, dan Harapan 2. Berikut merupakan nama-nama yang mendapatkan juara din Olimpiade IPS 2018 Se-Jawa Timur dan Bali tingkat SMP/MTs :

  • Juara 1, dari SMP Negeri 1 Tulungagung atas nama Muhammad Taufik Irawan dan Renafinanda Adianti Putri
  • Juara 2, dari SMP Negeri 1 Sukodono atas nama Ananda Dikky dan Ekal Drawindra Bayu Fahreza
  • Juara 3, dari SMP Katholik Widiyatama atas nama Anselmus Wikan Wicaksono dan Teresa Aurelia Tyasputri
  • Harapan 1, dari MTs Negeri 1 Kota Malang atas nama Raihan Akbar dan Paramaputra Adiwangsa
  • Harapan 2, dari MTs Negeri 3 Tulungagung atas nama Abel Agripina dan Ananda Agustina Margareta

Kami selaku panitia pelaksana Olimpiade IPS 2018 mengucapkan selamat bagi pemenang dan bagi yang belum beruntung jangan patah semangat, terus berusaha serta mencoba di tahun berikutnya. Terima Kasih banyak kami ucapkan kepada seluruh Kepala Sekolah yang telah mengirimkan perwakilan delegasi terbaiknya dalamk kegiatan Olimpiade IPS tingkat SMP/MTs 2018 Se-Jawa Timur dan Bali.