NARASI SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 2018 HMPS PIPS – FIS – UM

Seminar Nasional Pendidikan merupakan salah satu kegiatan rangkain bulan pendidikan 2018, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS (HMPS PIPS) dengan “mengusung tema Menumbuh kembangkan Kearifan Lokal Indonesia dalam Membendung Budaya Mondial”, alasan pengambilan tema ini adalah berangkat dari keprihatinan mahasiswa IPS atas semakin melemahnya nilai-nilai kearifan lokal di masyarakat utamanya generasi muda, tergantikan dengan berbagai macam budaya luar yang masuk dan menyebar luas dimasyarakat. Untuk itu seyogyanya perlu ada suatu system dan teknik yang baik dalam mewariskan nilai-nilai budaya pada generasi muda, sehingga budaya dan kearifan lokal Indonesia tetap asri dan lestari di negeri sendiri. salah satunya dapat melalui pendidikan yang berperan penting dalam pembentukan karakter, kepribadian dan pengetahuan siswa.

Oleh karenanya  HMPS PIPS menyelenggarakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap kekayaan dan asset budaya bangsa, Yang tertuang dalam pengamalan tri dharma perguruan tinggi sebagai wujud nyata The Learning University. Seminar Nasional Pendidikan merupakan forum strategis dalam kaitannya dengan kearifan lokal dan pendidikan. Yang mempertemukan para akademisi baik itu pelajar, guru, mahasiswa, dosen sampai professor dari berbagai daerah di tanah air, tentunya dengan di pandu oleh para pemateri yang berkompeten di bidangnya yang berasal dari 3 provinsi yang berbeda di Indonesia. Tujuan diadakannya Seminar ini adalah untuk

  1. Memberikan pengetahuan kepada para peserta seminar tentang kearifan lokal dan

implementasinya dalam dunia pendidikan,

  1. Sebagai literasi, edukasi dan aktualisasi kearifan lokal sebagai filter budaya
  2. Sebagai upaya menggali dan melestarikan kearifan lokal sebagai identitas dan jati diri bangsa

Harapan dari kegiatan ini adalah terformulasikannya teknik, strategi, dan implementasi kearifan lokal secara kreatif dalam dunia pendidikan yang dapat di kembangkan dan dipadu padankan dengan tekhnologi dan modernisasi yang ada sehingga akan tercipta suatu masyarakat yang modern, trampil, dan berbudaya.

Kegiatan Seminar Nasional Pendidikan terdiri dari dua rangkaian acara, yang pertama adalah acara inti yaitu penyampaian materi dari para pemateri seminar, dan yang kedua adalah call for paper yang dihadiri oleh para pemakalah dari berbagai daerah di Indonesia, tema kearifan lokal yang diangkat dalam seminar ini rupanya banyak meraik perhatian para peserta seminar terbukti banyak peserta dan pemakalah yang hadir dari berbagai Universitas di tanah air, diantaranya ada dari Makassar, Surakarta, Jakarta, Banjarmasin, bahkan ada yang dari Ambon. Antusiasme dan peran aktif para peserta dan pemakalah Seminar membuktikan bahwa kearifan lokal masih mempunyai tempat tersendiri di hati masyarakat. Hal ini harus disambut secara positif oleh berbagai pihak guna melestarikan budaya bangsa yang adiluhung dalam pendidikan yang berkarakter sebagai wujud kontribusi dan dedikasih masyarakat  brsama dalam harmoni membangun negeri.

Terimakasih kepada segenap pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Prodi Pdendidikan IPS Universitas Negeri Malang yang telah mendukung dan berperan aktif dalam mensuskseskan Seminar Nasional Pendidikan 2018, serta terimakasih dan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dan bekerja cerdas mulai dari persiapan hingga pelaksanaan Seminar Nasional Pendidikan. Semoga kegiatan ini dapat membawa kebaikan dan manfaat bagi seluruh masyarakat utamanya para peserta dan pemakalah Seminar, sehingga dapat tercipta suatau gagasan dan ide kreatif guna merawat, menjaga, dan melesterikan kearifan lokal sebagai asset budaya dan jati diri bangsa. terlebih dapat di implementasikan dalam dunia pendidikan yang mencetak insan cendekia yang berwawasan, berkarakter, dan berbudaya.

 

 

Malang, 10 Oktober 2018

ttd

H.R.WIMG_6890