Olimpiade IPS tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur dan Bali 2018

olimpamflet olim baruIndonesia bercita-cita melahirkan generasi yang cemerlang dan mampu bersaing secara global. Jalan menuju cita-cita tersebut mulai diterapkan pada masa kini dengan menerapkan pendidikan karakter kepada generasi muda. Melalui pendidikan karakter ini, Indonesia di tahun kemerdekaan yang ke- 100 tahun (di tahun 2045), berharap akan mencetak generasi emas yang akan memegang tampuk kepemimpinan selanjutnya. Generasi emas merupakan generasi yang diharapkan oleh bangsa untuk menjadi perintis perubahan dalam membentuk kehidupan dan peradaban bangsa yang lebih baik.

Generasi emas juga diharapkan memiliki kecerdasan yang luas dan lengkap secara produktif, inovatif, berinteraksi sosial yang baik, serta berperadaban yang unggul. Pendidikan karakter yang mulai dibangun juga merupakan sebuah jawaban atas perubahan masa depan serta memberi bekal keterampilan yang dibutuhkan pada masa mendatang. Serta pendidikan karakter ini diharapkan dapat merubah karakter generasi muda yang sesuai dengan Pancasila. Situasi ini juga harus diselaraskan dengan pendidikan moral, menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air, serta merubah masa depan menjadi lebih gemilang dan sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa.

Generasi muda yang berkarakter ini diharapkan dapat menjadikan generasi yang berkualitas dan berkarakter bagi bangsa dan negara. Oleh sebab itu Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS (HMPS PIPS) menyelenggarakan Olimpiade IPS tingkat Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Bali dengan mengambil tema “Mencetak Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti Menuju Indonesia Emas Melalui Olimpiade IPS” dengan harapan generasi muda dapat bersaing secara sehat dalam meraih masa depan yang gemilang, menumbuhkan rasa kerja keras, serta terus berusaha menjadi yang lebih baik.

Olimpiade IPS sendiri merupakan lapangan pacuan untuk siswa/i SMP/MTs untuk mengasah potensi diri masing-masing dan meningkatkan kemampuan intelektual di mata pelajaran IPS. Kegiatan olimpiade ini dikhususkan bagi siswa-siswi jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) karena mata pelajaran IPS terpadu ini diterapkan di jenjang tersebut. Melalui tema tersebut, diharapkan siswa-siswi yang mempelajari IPS ini dapat memberikan bukti konkret kepada Indonesia bahwa IPS memiliki peranan penting bagi kehidupan bangsa dan negara. Dari hasil olimpiade nanti diharapkan pula memberikan semangat kepada peserta didik untuk terus berkompetensi dalam menghadapi persaingan global dan sebagai pijakan awal untuk menyongsong Indonesia yang Jaya dan Luar Biasa.

Syarat:

  1. Peserta Olimpiade adalah tim perwakilan dari masing-masing SMP/MTs se-Jawa Timur dan Bali yang masih aktiv (Kelas VII, VIII, dan IX)
  2. Setiap 1 Tim terdiri dari 2 peserta (putra, putri, atau gabungan).
  3. Setiap sekolah diperbolehkan mendaftar lebih dari 1 (satu) tim.

Petunjuk Pendaftaran :

  1. Pendaftaran dapat diakses melalui http://bit.ly/OlimpiadeIPS2018
  2. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir online (link ada di bawah).
  3. Pendaftaran dibuka pada tanggal 18 Juni – 7 September 2018
  4. Biaya Pendaftaran: Rp200.000,-/Tim
  5. Pendaftaran dilakukan secara transfer ke rekening 06-99-503-054 (BNI Syariah) a.n. Kanthy Lungit Enggartyas
  6. Konfirmasi Pendaftaran ke Kanthy Lungit Enggartyas 0812-3850-6917

Setelah Transfer harap konfirmasi via Whatsapp dengan format:

A. OlimPIPS2018_Asal Sekolah_Kabupaten/Kota_Nama Pengirim_Jumlah Tim     Kirim ke 0812-3850-6917

B. Kisi-kisi dikirim oleh panitia melalui email resmi (olimpiadeips12018@gmail.com) setelah pihak sekolah telah melaksanakan poin A.

*Apabila  kuota  peserta  telah  terpenuhi,  maka  pendaftaran  dapat  ditutup sewaktu-waktu.

  1. Pendaftaran dianggap sah apabila telah mengisi formulir pendaftaran secara online dan mengirimkan bukti pembayaran, serta telah melakukan registrasi ulang pada saat pelaksanaan kegiatan.
  2. Kami hanya menerima pendaftaran secara online pada waktu yang sudah di tentukan.
  3. Pembayaran sepenuhnya dilakukan secara transfer.
  4. Sekolah mengirimkan peserta olimpiade tidak terbatas.
  5. Pelaksanaan babak penyisihan dilaksanakan pada tanggal 16 September 2018 di sekolah setiap rayon masing-masing yang telah ditunjuk.
  • Rayon 1 : Malang meliputi, Malang kota, Malang kab, Batu, Pasuruan, Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto. (Gedung I1 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri  Malang)(Jl. Semarang No. 5, Gedung I1 Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang 65145 )
  • Rayon 2 : Madiun meliputi, Madiun, Mejayan, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan. (SMAN 4 Madiun) (Jl. Serayu No.80, Pandean, Taman, Kota Madiun, Jawa Timur 63133)
  • Rayon 3 : Kediri meliputi, Kediri,  Trenggalek, Tulungagung, Jombang, Nganjuk. (MAN Kota 2 Kediri) (Jl. Letjend Suprapto No. 58, Burengan, Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur 64124)
  • Rayon 4 : Lamongan meliputi, Lamongan, Surabaya, Bojonegoro, Tuban, Gresik (MAN 1 Lamongan)    (Jl. Veteran No. 43, Jetis, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan. Jawa Timur 62212)
  • Rayon 5 : Jember meliputi, Jember, Lumajang, Probolinggo, Banyuwangi, Bondosowo, Situbondo. (MAN 1 Jember) (Jl. Imam Bonjol No. 50, Kaliwates Kidul, Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68131)
  • Rayon 6 : Madura meliputi, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Wilayah Madura Kepulauan, Surabaya. (SMAN 2 Sumenep) (Jl. KH. Wahid Hasyim III/11, Kolor Sumenep, Kolor, Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69417).
  • Rayon 7 : Bali meliputi, Badung, Denpasar, Bangli, Singaraja, Gianyar, Negara, Karangasem, Klungkung, Tabanan. (SMA Muhammadiyah 1) ( Pulau Butanta No 80, Dauh Puri Kauh, Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80221)

*Cakupan rayon tersebut hanya saran dari panitia.

 

  1. Pelaksanaan babak Semifinal dan final dilaksanakan pada tanggal 23 September 2018 di Gedung I1 FIS Universitas Negeri Malang.
  2. Olimpiade ini memperebutkan Juara 1,2,3 dan Harapan 1,2 dengan hadiah:
  • Juara I : Piala Bergilir + Piala + Sertifikat + Medali + Piagam penghargaan sekolah + Uang Pembinaan Rp.1.500.000,-
  • Juara II : Piala + Sertifikat + Medali + Uang Pembinaan Rp.1.250.000,-
  • Juara III : Piala + Sertifikat + Medali + Uang Pembinaan Rp.1.000.000,-
  • Juara Harapan I : Sertifikat + Medali + Uang pembinaan Rp.750.000,-
  • Juara Harapan II : Sertifikat + Medali + Uang Pembinaan Rp.500.000,-
  1. 45 tim yang terbaik yang dilihat berdasarkan nilai tertinggi dibabak penyisihan rayon, akan melaju ke babak Semifinal yang akan dilaksanakan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang pada hari Minggu 16 September 2018
  2. Pengumuman bagi yang lolos ke tahap Semi Final Hari Jum’at 19 September 2018 pukul 00.00. Bisa di lihat di Web HMPS PIPS (hmpips.fis.um.ac.id), Email Sekolah, CP Pendamping dan Face-book HMPS PIPS.

 

Untuk undangan partisipan Olimpiade IPS tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur dan Bali 2018 dapat diakses di link berikut

Surat Undangan Partisipasi Olimpiade IPS se-Jawa Timur dan Bali 2018

Petunjuk Pelaksanaan Olimpiade IPS tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur dan Bali 2018 dapat diakses di link berikut

https://drive.google.com/open?id=16PlvHhaBes-nN_attOolv9akA97ioN1V

Formulir Pendaftaran Online Olimpiade IPS tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur dan Bali 2018 dapat diakses di link berikut

http://bit.ly/OlimpiadeIPS2018