WORKSHOP KEPENULISAN 2018

Workshop Kepenulisan merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS dalam rangka:

  1. mengembangkan bakat dan minat mahasiswa Pendidikan IPS dalam hal kepenulisan,
  2. meningkatkan kualitas kepenulisan ilmiah mahasiswa Pendidikan IPS,
  3. meningkatkan budaya literasi mahasiswa Pendidikan IPS,
  4. mempersiapkan mahasiswa pendidikan ips untuk mengikuti Lomba Karya Tjulis Ilmiah Mahasiswa se-Jawa Timur.

Harapan yang ingin diperoleh yaitu semua mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan IPS terutama angkatan 2015, 2016, dan 2017 mampu menjadikan menulis sebagai budaya yang baik. Serangkaian kegiatan ini dilaksanakan pada 28 April 2018 dan bertempat di Aula H.O.S Cokroaminoto Lantai 7 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini mengangkat tema ”Strategi Kepenulisan Artikel sebagai Upaya Meningkatkan Budaya Literasi Mahasiswa PIPS FIS UM”.

Serangkaian acara workshop kepenulisan sendiri dibagi menjadi dua sesi selama satu hari. Sesi pertama penyampaian materi kepenulisan dikemas dalam acara workshop yang dimulai dari pukul 07.00 sampai pukul 12.00. Pada sesi kedua yaitu dimulai setelah ishoma hingga pukul 15.00, pembimbingan mahasiswa dalam memperbaiki artikel ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa Pendidikan IPS melalui bimbingan pemateri. Penyampaian materi kepenulisan dilakukan oleh 2 orang pemateri yang tidak lain yakni Ibu Neny Wahyunintyas selaku dosen IPS dan Bapak I Dewa Putu Eskasasnanda selaku dosen IPS serta kepala Laboratorium  IPS. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa IPS angkatan 2017 dan delegasi mahasiswa angkatan 2016 dan 2015.  diskusi panel dilakukan setelah selesai materi tentang kepenulisan dengan tujuan untuk memperbaiki artikel yang telah dibuat mahasiswa IPS. Setiap offering mendelegasikan 4 tim yang beranggotakan 2 orang untuk membuat 1 artikel sehingga terdapat 24 artikel yang dibuat oleh mahasiswa Pendidikan IPS.

Kegiatan  tersebut diikuti peserta dan segenap undangan dengan antusias, aktif, dan partisipatif. Kegiatan berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan dan tidak terkendala maupun kekurangan suatu apapun. Ucapan terima kasih diberikan kepada segenap pemateri dan dosen pembimbing dalam serangkaian acara workshop kepenulisan. Terima kasih juga disampaikan kepada segenap mahasiswa IPS yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dan  bagi seluruh rekan panitia yang telah mempersiapkan dan menyukseskan kegiatan workshop kepenulisan ini.