Lokakarya Akreditasi Program Studi di Universitas Negeri Malang Tahun 2014

Lokakarya Akreditasi Program Studi di Universitas Negeri Malang Tahun 2014

Dalam melaksanakan sistem penjaminan mutu UM telah berhasil menunjukkan capaian pada standar nasional dan telah menjadi salah satu perguruan tinggi yang menjadi rujukan beberapa universitas lain di Indonesia. Sudah saatnya UM mendorong fakultas jurusan dan program studi untuk melakukan internasionalisasi standar pada seluruh program. Oleh karena itu UPT Satuan Penjamin Mutu UM perlu mengadakan sosialiasi guna meningkatkan wawasan pengetahuan dosen staf dan karyawan UM agar lebih peduli untuk terus konsisten dalam meningkatkan mutu hingga tingkat internasional melalui kegiatan “Lokakarya Akreditasi Program Studi Tahun 2014”. Acara ini diselenggarakan pada Hari Rabu – Kamis 25-26 Juni 2014 di Aula Perpustakaan UM Lt.2

Acara dibuka dengan sambutan Rektor UM Bapak Prof. Dr. Suparno. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa komponen akreditasi ada dua akreditasi institusi dan akreditasi program studi. Akreditasi Institusi telah dilaksanakan dengan baik pada Bulan Mei dan dalam kemajuan yang positif. “Menurut informasi ada kemajuan yang menggembirakan untuk hasil akreditasi institusi yang telah dilakukan tinggal menunggu hasil resmi sidang pleno BAN PT” ujar Pak Rektor. Akreditasi yang telah dilakukan mendapatkan apresiasi positif dari Tim Asesor. Pada rapat pimpinan pejabat UM Prof. Suparno menekankan agar dekan dan ketua jurusan ikut terlibat aktif dalam menyelesaikan akreditasi program studi. Proposal pengusulan akreditasi institusi merupakan hal yang penting maka perlu mendapatkan prioritas kebijakan. “Setelah mendapatkan akreditasi A harus ada peningkatan ke akreditasi internasioanl. Dengan memiliki akreditasi internasional akan memudahkan mahasiswa mengikuti aktivitas akademik di jaringn internasioanal.

Kegiatan yang berlangsung dua hari ini mengundang perwakilan program studi seluruh jenjang (Diploma Sarjana Magister Doktor dan Profesi) dan Pimpinan Universitas serta tim fakultas. Dalam kegiatan tersebut dijelaskan pula  mengenai persiapan dan proses penyusunan borang program studi serta fakultas dengan tujuan agar nilai akreditasi program studi di UM bisa mencapai nilai maksimal. Lokakarya tersebut mengundang sekitar 19 program studi semua jenjang yang program studi nya akan habis akreditasinya program studi yang mempunyai nilai C dan program studi baru yang belum terakreditasi dan hampir meluluskan ataupun sudah meluluskan mahasiswanya.

Nara sumber utama dalam lokakarya ini adalah Prof. Dr. Nunuk Dyah Retno L Drh M.S dan Dra. Hartati M.Si yang berasal dari Universitas Airlangga Surabaya. Mereka berdua telah berpengalaman dalam mempersiapkan akreditasi program studi tingkat internasional. Berkat pengalaman dan jasa mereka berdua kini Unair telah memiliki prodi dengan akreditasi internasional. Dalam lokakarya ini mereka berbagi pengalaman tips dan trik serta memaparkan strategi menembus akreditasi internasional. Diharapkan dengan lokakarya yang bertemakan “Penyiapan Akreditasi Prodi Tingkat Internasional” ini sivitas akademika UM semakin memahami pentingnya akreditasi tingkat internasional dan semoga beberapa tahun kedepan UM dapat memiliki prodi berstandar internasional.(Ksr/Ade)

sumber : http://www.um.ac.id/content/page/2/2014/06/lokakarya-akreditasi-program-studi-tahun-2014