SOCIAL STUDIES CONFERENCE 2018

5 4 3 2

SSC 2018

Mahasiswa sebagai agen perubahan (agent of change) dituntut untuk mampu berpikir secara kritis dalam meningkatkan SDM yang kreatif dan produktif.  Pada saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi sudah berkembang dan mengalami kemajuan dan sistem pendidikan di perkuliahan semakin baik. Memanfaatkan ilmu yang telah diperoleh di bangku perkuliahan dan belajar lebih banyak lagi melalui kegiatan kemahasiswaan dan kegiatan lainnya. Keadaan ini dapat dimaknai dengan kondisi bangsa yang maju, modern dan berkarakter yang menjadi harapan untuk generasi muda agar memiliki karakter sesuai dengan pancasila.

Mahasiswa sebagai generasi muda dan sangat potensial baik dari segi sumber daya maupun dari segi pemikiran merupakan sesuatu yang sangat di butuhkan, oleh karena itu pembinaan dan pengembangan sumber daya yang ada memiliki peranan yang sangat penting. Selain upaya untuk membentuk pribadi yang tangguh dan handal dalam keilmuan tetapi juga menatap dalam bidang keorganisasian sehingga mampu menciptakan mahasiswa yang mempunyai manajemen yang baik dan teratur sehingga dapat mengamalkan ilmunya.

Himpunan mahasiswa merupakan wadah kegiatan mahasiswa untuk menyalurkan aspirasinya dan sebagai sarana pembelajaran kehidupan berorganisasi yang diperlukan dalam kehidupan kampus dengan segala aktivitas-aktivitasnya. Pada kesempatan kali ini Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang memberikan fasilitas kepada mahasiswa Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan Social Studies Conference (SSC) dalam rangka untuk mensosialisasikan program kerja HMPS PIPS dalam satu periode kedepan sekaligus sidang AD/ART HMPS PIPS. Harapannya semua mahasiswa PIPS dapat selalu aktif dalam semua program kerja yang telah di rekomendasikan oleh HMPS PIPS. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2018 dan bertempat di Gedung I1.506 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini memiliki tema “Optimalisasi Peran dan Fungsi Himpunan di Lingkungan PIPS”, adapaun tujuan diadakannya Social Studies Conference ini adalah :

  1. Mempererat silaturahmi dan sosialisasi program kerja HMPS PIPS
  2. Menciptakan perubahan yang lebih baik didalam organisasi
  3. Meningkatkan semangat akademik bagi mahasiswa P.IPS untuk mejadikan individual yang amanah
  4. Membahas dan menetapkan AD/ART Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS FIS UM

Kegiatan ini diikuti oleh semua anggota HMPS PIPS dan delegasi mahasiswa PIPS setiap offering, mulai dari angkatan 2015 sampai angatan 2017. Selain itu para dosen juga berpartisiasi dalam agenda sosialisasi ini. Semua peserta sangat antusias dalam acara ini, bisa dilihat dari seriusnya para peserta dalam menyimak program kerja dan AD/ART HMPS PIPS yang disampaikan oleh ketua umum dan wakil ketua umum dari HMPS PIPS. Dalam kegiatan ini para peserta sangat aktif, hal ini bisa terlihat ketika ada program kerja yang kurang jelas mereka menyangganya. Kegitan ini berlangsung dengan lancar dan para peserta juga mengikuti acara sampai selesai. Sebagai pihak penyelenggara, HMPS PIPS berharap menjadikan kegiatan ini sebagai sarana yang dapat memberikan dampak dan pandangan positif terhadap kegiatan HMPS PIPS sehingga diharapkan dapat terjalin hubungan yang baik antar semua mahasiswa Pendidikan IPS serta memberikan manfaat bagi berbagai pihak yang bersangkutan dalam kegiatan ini.

SSC 2018