Seminar Pendidikan Nasional : Refleksi Kritis Kebijakan Pendidikan Nasional Menuju Sustainable Development Goals’s (SDG’s)

WhatsApp Image 2017-09-17 at 13.07.56Pendidikan merupakan salah satu unsur penting bagi suatu bangsa dalam membangun generasi selanjutnya agar menjadi generasi yang lebih baik. Pendidikan diharapkan dapat membangun karakter calon-calon penerus bangsa sesuai dengan ideologi bangsa Indonesia. Membangun karakter yang bermartabat tentunya bukan hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan, akan tetapi butuh upaya-upaya yang harus dilakukan  untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas merupakan dasar untuk meningkatkan kehidupan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan. Kemajuan besar telah dibuat terhadap peningkatan akses pendidikan di semua tingkatan dan meningkatkan angka partisipasi di sekolah terutama bagi perempuan dan anak perempuan. Keterampilan keaksaraan dasar telah meningkat pesat, namun upaya lebih berani dibutuhkan untuk membuat langkah yang lebih besar untuk mencapai tujuan pendidikan universal .

Upaya yang dapat dilakukan dalam pendidikan yaitu  adanya kebijakan pendidikan dari pemerintah bersifat keberlanjutan, yang dilakukan dengan mengemas pembelajaran sekreatif mungkin agar peserta didik tidak merasa bosan dengan pembelajaran, karena pada hakikatnya setiap peserta didik memiliki bakat dan minat yang berbeda. Selain bakat dan minat anak, lingkungan juga menjadi salah satu faktor pendukung dalam mencapai hasil pembelajaran yang baik. Hal tersebut seharusnya diimbangi dengan kesiapan seorang guru dalam mengetahui trend anak remaja dan membinanya supaya dapat memilih dan memilah kebudayaan positif negatif yang datang dari luar. Melalui pembinaan dari seorang guru dan dukungan dari berbagai pihak inilah yang nantinya akan membantu mengembangkan potensi yang ada pada peserta didik. Seminar Pendidikan Nasional ini  bertujuan menjadi rujukan guru dalam menambah referensi pembelajaran yang sudah pernah ada dalam pembelajaran kekinian. Maka dari itu

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS (HMPS PIPS)  Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan seminar dengan tema “Refleksi Kritis Kebijakan Pendidikan Nasional menuju Sustainable Development Goals (SDGs)  dengan keterangan sebagai berikut:

Akan diselenggarakan pada :

Minggu, 1 Oktober 2017

08.00 WIB – selesai

Aula Lt.7 Gedung I1 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang

 

Pemateri :

  1. Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc (Bupati Trenggalek)
  2. Dr. Saiful Rachman, MM., M.Pd (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur)
  3. Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd (Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Malang)

 

Fasilitas :

  1. Snack
  2. Lunch
  3. Sertifikat
  4. Seminar Kit
  5. Ilmu yg bermanfaat

 

Kontribusi :

  1. Pelajar & Mahasiswa S1 : 40k
  2. Guru & Mahasiswa S2 : 75k
  3. Mahasiswa S3 dan umum : 100k
  4. Pemakalah Call for Paper : 150k

 

Call for paper :

  1. Implementasi kurikulum
  2. Inovasi dan model pembelajaran
  3. Praktik dan problematika pembelajaran
  4. Pemberantasan kemiskinan
  5. Kesetaraan gender
  6. Kota dan masyarakat berkelanjutan

 

Timeline:

  1. Pendaftaran peserta: 1 Juli – 20 September
  2. Pengumpulan abstrak: 1 Juli – 17 September
  3. Pengumuman abstrak: 24 September
  4. Pengiriman full paper: 24 – 30 September

 

More info :

Instagram : hmpips_um

Facebook : Pendidikan IPS UM

Web : hmpips.fis.um.ac.id

Kesekretariatan HMPS PIPS Gedung I5 FIS UM

 

Contact persons :

085791334978 (Irza)

083845014804 (Ferdi)

082134824308 (Helmi)