RAPAT KERJA NASIONAL HIMPUNANA MAHASISWA PENDIDIKAN IPS INDONESIA

Acara Pembukaan RAKERNAS HIMPIPSI Tahun 2014

Acara ini merupakan kegiatan awal dilaksanakannya RAKERNAS HIMPIPSI Tahun 2014, yang terdiri dari beberapa bagian penting, yaitu beberapa sambutan yang dilakukan secara berurutan, yaitu sambutan Ketua Pelaksana RAKERNAS HIMPIPSI Tahun 2014, sambutan Ketua Umum HIMPIPSI Pusat Indonesia Tahun 2014, dan sambutan Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang yang sekaligus membuka secara resmi acara RAKERNAS HIMPIPSI Tahun 2014 tersebut. Sambutan pertama adalah sambutan Ketua Pelaksana RAKERNAS HIMPIPSI Tahun 2014 yang dilaksanakan oleh saudara Wahyu Rio Defandiari, yang merupakan salah satu anggota Bidang Sosial Informatika Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Periode 2014. Acara RAKERNAS HIMPIPSI Tahun 2014 tersebut juga merupakan salah satu program kerja dari Bidang Sosial Informatika tersebut. Dalam sambutannya, saudara yang akrab dipanggil Defan tersebut menyampaikan bahwa mahasiswa sebagai insan akademis harus memiliki sikap responsif dan kritis dalam menghadapi segala persoalan yang ada, karena mahasiswa diharapkan menjadi agen perubahan atau agent of change untuk menuju ke arah yang lebih baik lagi bagi bangsa dan negara Indonesia.

Sambutan kedua adalah sambutan Ketua Umum HIMPIPSI Pusat Tahun 2014 yang dilaksanakan oleh saudara Adil Ihsan. Dalam sambutannya, saudara Adil menyampaikan bahwa mahasiswa sebagai generasi reformasi harus memberikan kontribusi atau sumbangsihnya terhadap masyarakat, yaitu dapat membawa dan menempatkan dirinya dalam pelbagai situasi dan kondisi tertentu, sehingga dapat diperoleh suatu manfaat atau keuntungan dari sikap adaptif mahasiswa tersebut.

Sambutan ketiga adalah sambutan Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang yang dilaksanakan oleh Bapak Prof. Dr. Hariyono, M,Pd. Dalam sambutannya, Bapak Hariyono menyampaikan bahwa mahasiswa yang berfungsi sebagai agen perubahan atau agent of change harus memiliki pemikiran mensintesa, yaitu dapat memadukan beberapa disiplin ilmu terutama disiplin ilmu sosial menjadi multidisiplin ilmu sosial, khususnya bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bapak Hariyono juga menyampaikan bahwa mahasiswa harus memiliki pikiran yang tanggap atau respect dalam menghadapi segala hal yang terjadi, sehingga menciptakan suatu interkonektivitas atau networking yang diwujudkan dalam kerjasama dengan orang atau pihak lain yang bersifat saling menguntungkan atau simbiosis mutualisme. Mahasiswa juga harus memiliki pikiran etis dengan mengetahui siapa jati dirinya dan hendak dibawa kemana jati dirinya tersebut, yang diwujudkan dalam hubungan antar sesama manusia atau hablum minannas dan hubungan manusia dengan Tuhannya atau hablum minallah, sehingga hal apapun yang dilakukan harus dapat dipertanggungjawabkan kepada nurani diri masing-masing dan kepada Tuhan sebagai Sang Pencipta atau Sang Khaliq. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai agen perubahan dituntut tidak hanya dapat menerapkan konsep agent of change hanya dalam tataran obrolan atau retorika saja, tetapi juga harus menerapkan konsep tersebut secara nyata dalam kehidupan sehari-hari, yang didasari oleh wawasan da ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut. Mahasiswa juga merupakan seorang pemikir sesungguhnya dalam kancah kehidupan manusia, karena mahasiswa dibekali oleh kreativitas yang tidak harus bergantung pada fasilitas yang tersedia, tetapi harus bergantung pada kemauan dan kerja keras diri dari mahasiswa tersebut. Dalam akhir sambutannya, Bapak Hariyono memberikan tugas kepada masing-masing Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang mengikuti acara RAKERNAS HIMPIPSI Tahun 2014, yaitu harus membuat dua buah makalah yang setiap makalahnya tersebut minimal terdiri dari dua halaman, yang harus dikumpulkan paling lambat pad minggu ketiga bulan April 2014 dengan tema “Menjalin Kerjasama, Meningkatkan Sumber Daya Mahasiswa Pendidikan IPS”, yang sesuai dengan tema RAKERNAS HIMPIPSI Tahun 2014 tersebut. Bapak Hariyono berharap dengan pembuatan makalah tersebut, mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dapat menerapkan konsep agen perubahan atau agent of change yang terwujud dalam hasil karya tulis ilmiah sebagai cerminan dari sikap yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut. Bapak Hariyono berharap seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya yang menjadi pengurus Himpunan Mahasiswa di setiap universitasnya dapat memajukan dan mengembangkan kemampuannya di bidang karya tulis ilmiah melalui pembuatan makalah tersebut.

Acara pembukaan RAKERNAS HIMPIPSI Tahun 2014 dihadiri oleh perwakilan pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dari masing-masing universitas yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu dengan rincian sebagai berikut: Perwakilan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebanyak tujuh orang, perwakilan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebanyak tujuh orang, perwakilan dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebanyak 14 orang, dan perwakilan dari Universitas Negeri Makassar (UNM) sebanyak 10 orang.

Setelah dilaksanakannya ketiga sambutan tersebut, diselenggarakan pula acara sosialisasi mengenai Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dari masing-masing universitas yang hadir dalam acara RAKERNAS HIMPIPSI 2014. Acara sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh ketua atau perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dari masing-masing universitas tersebut.

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (HMP Pendidikan IPS) yang diwakili oleh saudara Agus Budi Prasetyo diberikan kesempatan pertama untuk mensosialisasikan himpunan yang dipimpinnya. Selanjutnya, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (HIMADIPSOS) yang diwakili oleh saudara Rasyid diberikan kesempatan kedua untuk mensosialisasikan himpunan yang diikutinya. Penjelasan selanjutnya dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (HIMA PIPS) yang diwakili oleh saudara pada kesempatan ketiga, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Indonesia yang diwakii oleh saudari Retno pada kesempatan keempat, dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar yang diwakili oleh saudara Fauzan pada kesempatan kelima.

Dalam acara sosialiasi tersebut, setiap Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dari masing-masing universitas menceritakan mengenai sejarah terbentuknya himpunan mahasiswanya, memperkenalkan pelbagai macam bidang atau divisi dalam setiap himpunan mahasiswanya, serta program dan unit kerja yang dimiliki oleh setiap himpunan mahasiswa dari kelima universitas tersebut. Dari acara sosialisasi tersebut dapat diambil suatu manfaat bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, yaitu setiap anggota atau pengurus himpunan mahasiswa baik dalam satu universitas maupun dari beberapa universitas harus menjalin kerjasama dengan baik, sehingga tercipta suatu hubungan atau koneksi antar himpunan mahasiswanya dan dapat mengatasi segala masalah yang dihadapi dengan bersama-sama dan dengan cara sebaik-baiknya.

Dokumentasi Kegiatan