EDUTALK

EDUTALK

Masa pandemi Covid-19 mengharuskan kita semua untuk tetap di rumah saja, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menjalankan kegiatan positif sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan di masa pandemi dan di era society 5.0 untuk memaksimalkan pelatihan pengembangan evaluasi berbasis AKM, HMPS PIPS untuk kali ini mengadakan kegiatan EDUTALK. EDUTALK merupakan sebuah wadah pengabdian kepada masyarakat yang kini dilaksanakan secara online yang bersifat seperti Webinar, dimana ada penyampaian materi oleh pemateri kepada peserta serta juga ada diskusi dan berbagai pembahasan dari soal-soal AKM. Seperti yang diketahui AKM sendiri adalah suatu hal baru yang kini ada sebagai pengganti Ujian Nasional yang kini telah dihapus. dengan mengikuti pengabdian masyarakat secara daring. EDUTALK HMPS PIPS 2021 pada dasarnya digunakan sebagai tempat untuk mengabdi kepada masyarakat serta berdiskusi bersama baik kepada Mahasiswa PIPS FIS UM angkatan 2018 serta Bapak Ibu Guru MGMP IPS. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat diperlukan agar setelah diadakannya kegiatan ini bisa membantu dan membuka lebih luas lagi pikiran Mahasiswa PIPS serta Bapak Ibu Guru MGMP IPS mengenai pengembangan evaluasi berbasis AKM.

Tema dari EDUTALK kali ini adalah “Pelatihan Pengembangan Evaluasi Berbasis AKM bagi Guru MGMP IPS Kota Malang” pengambilan tema ini didasarkan dari awal mula AKM itu seperti apa dan bagaimana pula mengrmbangkan soal-soal AKM serta pembahasan dari soal-soal AKM itu sendiri, mengingat AKM juga sesuatu yang baru jadi sangat diperlukan berbagai macam pelatihan pembuatan soal AKM.

EDUTALK tak lain juga memiliki tujuan selain sebagai program kerja pengabdian masyarakat oleh HMPS PIPS juga memiliki beberapa tujuan antara lain yaitu sebagai berikut :

  1. Melatih Guru MGMP IPS Kota Malang dalam mengembangkan soal berbasis AKM
  2. Mewadahi keinginan dan kemampuan mahasiswa Pendidikan IPS yang mengarah kepada pengabdian masyarakat.
  3. Meningkatkan Softskills Guru MGMP lebih maksimal.
  4. Mengembangkan evaluasi soal berbasis AKM.

Acara EDUTALK diikuti oleh 120 orang. Dimana rincian dari 120 orang tersebut adalah bapak ibu dosen, tendik Program Studi S1 Pendidikan IPS FIS UM, para tamu undangan serta peserta dari kegiatan EDUTALK sendiri yaitu Bapak Ibu Guru MGMP IPS Kota Malang dan beberapa juga ada dari MGMP Kabupaten Malang dan Kota Batu dan yang terakhir peserta dari Mahasiswa PIPS FIS UM angkatan 2018 yang mengikuti kegiatan EDUTALK secara online melalui media Zoom Clouds Meetings serta seluruh anggota HMPS PIPS mengikuti secara online.

Semua peserta kegiatan ini sangat antusias. Hal ini dapat dirasakan dari adanya feedback yang sangat menarik waktu berlangsungnya acara tepatnya pada sesi diskusi para peserta baik dari Bapak Ibu Guru MGMP IPS Kota Malang sangat antusias berdiskusi dengan para pemateri yang sangat aktif.

Sebagai pihak penyelenggara, HMPS PIPS sangat bangga dengan antusias masing-masing para peserta EDUTALK ini. Karena dari kegiatan ini HMPS PIPS merasa bisa membantu para peserta untuk mendaoatkan ilmu baru dan pastinya sangat bermanfaat. Semoga dari kegiatan EDUTALK ini dapat dijadikan acuan sebagai wadah pengabdian kepada masyarakat bersifat webinar secara online dapat memberikan dampak positif serta banyak manfaat  bagi para peserta ataupun pada anggota HMPS PIPS FIS UM sendiri. Untuk luaran dari kegiatan EDUTALK ini yaitu Artikel pengabdian yang akan di publish di jurnal indeks.