Latihan Kepemimpinan dan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Pendidikan IPS 2019

Latihan Kepemimpinan dan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Pendidikan IPS 2019

 

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS kembali mengadakan kegiatan rutin Lat ihan Kepemimpinan yang pada dikemas dengan nama latihan kepemimpinan dan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru Pendidikan ips ini bertemakan “Membangun Generasi IPS yang Unggul dan Berkualitas Melalui Latihan Kepemimpinan 2019” kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan pada mahasiwa pendidikan IPS FIS UM serta serta membentuk mahasiswa sebagai pemimpin yang berkualitas, siap dan berkomitmen dalam menjalankan amanah. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2019 bertempat di Aula HOS Cokroaminoto Gedung I1 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang dan tanggal 25-26 Oktober 2019 di Dusun Sahabat Alam Desa Lasah, Karangploso Kabupaten Malang. Kegiatan latihan kepemimpinan dan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru Pendidikan IPS ini diikuti oleh 83 Mahasiswa baru Pendidikan IPS. Kegiatan latihan kepemimpinan dan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru Pendidikan IPS ini difasilitatori oleh dosen-dosen yang memiliki pengalaman dibidang akademik dan kemahasiswaan. Tidak hanya penyampaian dengan metode ceramah saja, kegiatan ini juga dikemas secara menarik dengan menggunakan berbagai diskusi dan simulasi permaian menggunakan kahoot dengan topik yang diberikan oleh salah satu fasilitator.
Pada hari pertama Jumat, 18 Oktober 2019. Dihadirkan beberapa pemateri untuk mengisi materi yang disampaikan kepada peserta latihan kepemimpinan dan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru Pendidikan IPS diantaranya adalah bapak Agus Purnomo, M.Pd. yang menjelaskan materi tentang Karya Tulis Ilmiah, selain itu ada juga ibu Khofifatu Rohmah Adi, M.Pd yang menjelaskan tentang Keorganisasian, dan juga ada bapak Idris, S.S., M.M. yang membawakan materi tentang Kepemimpinan dalam organisasi.
Pada hari kedua, Jumat, 25 Oktober 2019, dihadirkan pula beberapa pemateri yang juga ahli dalam bidangnya, diantaranya adalah ibu Nurul Ratnawati M.Pd. yang memberikan materi tentang sosialiasasi kurikulum selanjutnya materi kedua disampaikan oleh bapak I Dewa Putu Eskasasnanda S.Ant., M.A. beliau membawakan materi tentang Lab IPS yang dikemas dengan santai, selanjutnya materi ketiga oleh ibu Neni Wahyuningtyas S.Pd., M.Pd. tentang Kepenasehatan Akademik, dan materi keempat yang dibawakan oleh bapak oleh Dr. I Nyoman Ruja, S.U., beliau menyampaikan materi tentang IPS dan pkm yang dikemas secara menarik melalui diskusi santai. Kegiatan selanjutnya yaitu apel penyulutan api unggun sebagai kegiatan penghormatan kepada para pahlawan yang di pimpin oleh Dr. I Nyoman Ruja, S.U., beliau juga memberikan sambutan. Kegiatan selanjutnya yaitu Pentas Seni yang ditampilkan oleh Mahasiswa Pendidikan IPS secara antusias.
Pada hari ketiga, Sabtu, 26 Oktober 2019 kegiatan diisi dengan senam bersama dan kegiatan Outbound . dalam kegiatan Outbound terdapat berbagai macam kegiatan games yang bertujuan untuk melatih kekompakan antar mahasiswa, melatih rasa percaya antar kelompok, serta melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa. Kegiatan outbound ini diikuti dengan sangat antusias oleh para mahasiswa Pendidikan IPS. Kegiatan ini ditutup dengan pengumuman juara lomba, kelompok terbaik, terkompak dan terheboh.
Kegiatan pelatihan kepemimpinan dan perkenalan kampus mahasiswa baru Pendidikan IPS mengundang peserta dan undangan sangat antusias. Kami ucapkan banyak terimakasih kepada segenap pemateri dan para dosen yang telah membimbing kami dalam kegiatan ini. Terimaksih juga menyampaikan kapada segenap mahassiwa pendidikan IPS yang telah disetujui dalam diskusi kegiatan ini dan juga seluruh rekan panitia yang telah berkerja dengan keras dan bertanggung jawab mulai dari menyiapkan hingga pelaksanaan kegiatan pelatihan dan mendorong kegiatan kampus mahasiswa baru Pendidikan IPS ini. Semoga Kegiatan ini dapat memberikan Manfaat bagi seluruh mahasiwa pendidikan IPS serta seluruh masyarakat.