SOCIAL SCIENCE COMEPETITON (SSC) 2019

SOCIAL SCIENCE COMEPETITON (SSC) 2019

Assalamu’alaikum wr.wb

Salam sejahtera untuk kita semua

Alhamdulillah telah terlaksana dengan baik kegiatan Social Science Competition (SSC) 2019 yang merupakan program kerja tahunan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Kegiatan Social Science Competition (SSC) 2019 mengusung tema “Membentuk Generasi Unggul dan Berkarakter dalam Menghadapi Tantangan Global Abad 21 Melalui Social Science Competition”. Social Science Competition (SSC) merupakan ajang kompetisi siswa/siswi SMP/MTs se-Jawa Timur dan Bali dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial. Adapun tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya di Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Bali dalam bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial, meningkatkan daya saing antar pelajar SMP/MTs dalam bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial, mempererat tali persaudaraan pelajar serta guru SMP/MTs khususnya di Provinsi Jawa Timur dan Bali, serta mengenalkan Program Studi Pendidikan IPS yang tergolong baru di Universitas Negeri Malang. Kegiatan Social Science Competition ini dilaksanakan melalui dua tahap yaitu babak penyisihan pada tanggal 7 September 2019 yang dilaksanakan di delapan rayon antara lain rayon Malang, Kediri, Jember, Ponorogo, Lamongan, Surabaya, Madura, dan Bali. Sedangkan babak semi final dan final diselenggarakan pada tanggal 21 September 2019 di Gedung I1 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Kegiatan babak penyisihan yaitu untuk menyeleksi 45 tim terbaik yang berhak lolos ke babak semifinal. Setelah itu 45 tim terpilih akan berkompetisi lagi untuk diambil 5 tim terbaik yang berhak maju ke babak final.

Kegiatan Social Science Competition (SSC) tahun 2019 secara keseluruhan berjalan dengan lancar. Tim juri merupakan dosen Pendidikan IPS yang berkopeten dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial. Adapun dewan juri pada saat babak final yang dilaksanakan di Gedung lantai 7 Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang yaitu I Dewa Putu Eskasasnanda, S. Ant, M.A, Agus Purnomo, M.Pd, dan Nurul Ratnawati M.Pd. Penilaian babak final diambil dari akumulasi nilai proses babak final 1 (cerdas cermat) dan babak final 2 (debat). Berikut adalah nama-nama yang berhasil menjuarai Social Science Competition (SSC) Tahun 2019:

Juara 1, Raihan Akbar dan Naufal Wiwit Putra dari MTsN 1 Kota Malang

Juara 2, Divanolita Naila Paramitha dan Novia Dwi Angesti dari SMPN 3 Jember

Juara 3, Bima Ermawan dan Nisa Lestari dari SMPN 1 Lamongan

Harapan 1, Heldyana Alma Cahyani dan Nabila Aulia Ananta dari SMPN 1 Ngajum

Harapan 2,Viranda Ayu Cantika dan Hawin Lathifatus Tsaniyah dari SMPN 2 Ponorogo

Meskipun kegiatan Social Science Competition (SSC) tahun 2019 telah berjalan dengan lancar, kami berharap dapat melakukan peningkatan yang lebih baik dalam kegiatan Social Science Competition (SSC) tahun depan ataupun program kerja HMPS PIPS kedepannya. Kami ucapkan selamat kepada para pemenang, dan bagi yang belum berkesempatan mendapat gelar juara tetap semangat, terus belajar, dan berdo’a. Selamat berjumpa kembali di kegiatan Social Science Competition (SSC) tahun depan ya….